Berita

Sosialisasi dan Launching Kampung Moderasi Beragama

Selasa, 15 Agustus 2023 14:15 WIB
  • Share this on:

Humas Kemenag Kab. Jayapura, Sentani.

Kementerian Agama Kabupaten Jayapura melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan kegiatan Sosialisasi Dan Launching Kampung Moderasi Beragama yang telah dilaksanakan pada hari Rabu (26/7/2023) bertempat di Halaman Masjid Al - Aqsha Sentani. Program yang diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia ini secara serentak di Indonesia dilaksanakan melalui Zoom Meeting.

“Moderasi Beragama adalah cara pandang, sikap dan praktek beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan, dan membangun kemaslahatan umum yang berlandaskan prinsip adil, berimbang serta taat pada konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa.Moderasi Beragama diwujudkan dengan pembentukan Kampung Moderasi Beragama. Kampung Moderasi Beragama adalah Kampung dengan sifat toleransi umat beragama yang tinggi dan menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat. Salah satu rintisan Kampung Moderasi Beragama di Kabupaten Jayapura terletak di Distrik Sentani, Kelurahan Sentani Kota. Kampung sentani ini kita jadikan pilot projek sebagai kampung rintisan yang akan di jadikan role model yang ada di Kabupaten Jayapura. Tujuannya adalah untuk menjaga kerukunan berbangsa dan bernegara, termasuk memelihara kekeluargaan dalam kebhinekaan. Terobosan pembangunan kampung kerukunan merupakan cara terbaik untuk tetap menjaga toleransi antar umat beragama di bumi Kenambai Umbai. Kabupaten Jayapura pada tahun 2016 telah dicanangkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin, sebagai zona integritas akan kerukunan umat beragama.”

Ucap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura Pdt.Steven A. Wonmaly, S.Sos.,MAP

Tujuan kegiatan untuk Merawat Kerukunan dan Perkokoh Semangat Kebangsaan dengan tumbuhnya pemahaman dan kolaborasi yang seragam antara masyarakat, pemerintah setempat dan tokoh beragama. Peluncuran dan sosialisasi Kampung Moderasi Beragama merupakan langkah penting dalam membangun harmoni dan pemahaman keagamaan dalam masyarakat yang menjadi bukti nyata akan kekuatan saling menghormati, dialog, dan kerjasama antara komunitas keagamaan yang berbeda.

"Modeasi sangat penting untuk di pahami sebagai cara pandang dan perilaku keagamaan. Menjaga Toleransi Kehidupan Beragama di Kabupaten Jayapura, dan berpesan hiduplah dalam suasana kerukunan dan penuh toleransi".

ucap Dr. Faisal Saleh, S.Ag., MH selaku Sekretaris FKUB Kab. Jayapura

"Di Indonesia diakui oleh Negara ada 6 (enam) Agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu,Buddha dan Konghucu. Beliau mengatakan pentingnya menerapkan Kerukunan Umat Beragama dalam rangka menguatkan Kerukunan umat beragama yang selama ini sudah terjamin. Ada beberapa indikator dalam moderasi beragama yaitu Komitmen Kebangsaan,Toleransi, Anti Kekerasan dan penerimaan terhadap budaya lokal. Indikator ini bisa diimplementasikan maka kerukunan yang selama ini ada tidaklah semu atau hanya dibibir saja, akan tetapi betul-betul diimplementasikan oleh umat beragama di Kabupaten Jayapura yang memiliki adat istiadat yang kuat sebagai pemersatu." "Di Indonesia diakui oleh Negara ada 6 (enam) Agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu,Buddha dan Konghucu. Beliau mengatakan pentingnya menerapkan Kerukunan Umat Beragama dalam rangka menguatkan Kerukunan umat beragama yang selama ini sudah terjamin. Ada beberapa indikator dalam moderasi beragama yaitu Komitmen Kebangsaan,Toleransi, Anti Kekerasan dan penerimaan terhadap budaya lokal. Indikator ini bisa diimplementasikan maka kerukunan yang selama ini ada tidaklah semu atau hanya dibibir saja, akan tetapi betul-betul diimplementasikan oleh umat beragama di Kabupaten Jayapura yang memiliki adat istiadat yang kuat sebagai pemersatu." tutur Sarono, S.Ag.,MM selaku Plh.Kepala Kantor Kemenag Prov.Papua

Kegiatan Sosialisasi dan Launching Kampung Moderasi Beragama ini dibuka oleh PJ. Bupati Jayapura yang di wakili oleh Sekretaris Daerah, Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP.

Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP selaku Sekretaris Daerah Kab.Jayapura menyampaikan amanat sebagai berikut :

"Kegiatan Launching Kampung moderasi yang di adakan pada hari Rabu 26/07/2023, di Kelurahan sentani kota, Peluncuran Kampung Moderasi beragama tersebut merupakan inisiasi dan kolaborasi multi pihak,antar lain Kantor kementerian Agama dan Forum Kerukunan Antar Umat beragama (FKUB) Hal tersebut bertujuan mempelopori Hidup Rukun damai sejahtera dan bahagia antar umat beragama. Sudah selayaknya Sentani kota teladan toleransi,bahkan menjadi percontohan bagi kampung-kampung yang lain di kabupaten jayapura. Kegiatan semacam ini harus perlu kerja sama antara Kementerian Agama dan FKUB dan semua ormas yang ada di kabupaten Jayapura,agar menciptakan hidup rukun damai sejahtera dan bahagia berdasarkan ketuhanan yang maha Esa."

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Para Pejabat Pengawas Kemenag Kab. Jayapura, Forkompimda Kabupaten Jayapura, pengurus FKUB Kabupaten Jayapura, Danramil Sentani , Kapolsek Sentani, Ketua MUI Kabupaten Jayapura, Ketua NU Kabupaten Jayapura, Ketua Muhammadiyah Kabupaten Jayapura, Ketua DMI Kabupaten Jayapura, Kadistrik Sentani,Lurah Sentani Kota,Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat.

Editor:
Rmdhn
Penulis:
Arti
Fotografer:
Rmdhn

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -